pas cher
  1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Berita Seputar Falak

World Record Daylight Crescent Observation Break in Indonesia

Bosscha Observatory, Lembang, 1 September 2016. Pada pukul 08.01 wib pagi hari tadi, Observatorium Bosscha berhasil mengamati bulan sabit yang sangat tipis, ketebalannya hanya 2 detik busur dengan luas bagian bulan yang bercahaya hanya 0,08% saja. Selain itu, bulan sabit ini juga berjarak sangat dekat, hanya 3,29 derajat dari matahari --mengalahkan rekor dunia saat ini sebesar 3,42 derajat.

Pengamatan dilakukan oleh Muhammad Yusuf, menggunakan alat sebagai berikut,

Read more...

Muzakarah dan Taqwim Islam MABIMS 2016

Utusan negara-negara yang tergabung pada MABIMS (Menteri-Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) menggelar Muzakarah dan Takwim Islam di Baitul Hilal Teluk Kemang Malaysia. Pertemuan yang berlangsung dari 2 4 Agustus ini mengagendakan sejumlah pembahasan, antara lain perbaikan kriteria imkanur rukyat MABIMS, Proses Imaging dalam rukyatul hilal menurut prespektif syara, serta kalender Hijriyah Global.

Read more...

Seminar Nasional Kalender Islam Global di OIF UMSU

OIF UMSU Medan. Observatorium Ilmu Falak UMSU, mengadakan seminar nasional, "Kalender Islam Global (Pasca Mukhtamar Turki 2016)". Pada tanggal 3-4 Agustus 2015. Kegiatan seminar tersebut dihadiri MUI Sumatera Utara, MUI Medan, PWNU, LP2IF RHI SU, Observatorium Assalam solo, ISRN Jakarta dan perwakilan dosen-dosen falak di Indonesia.

Read more...

Penjelasan Kemenag Waktu Imsak 10 Menit Sebelum Subuh

Jakarta (Pinmas) —- Kementerian  Agama menggunakan waktu imsak sepuluh menit sebelum masuk waktu subuh. Penggunaan waktu imsak ini disepakati dalam Rapat Tim Hisab dan Rukyat yang digelar Kementerian Agama di Jakarta, Rabu (22/06). Rapat ini diikuti oleh perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, PERSIS, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Al-Irsyad Al-Islamiyyah, Al-Washliyah, Persatuan Umat Islam, Universitas Islam Negeri, Bosscha ITB, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosfisika, Badan Informasi Geospasial, Planetarium Jakarta, serta Pakar Hisab Rukyat Perorangan.

Read more...

Kongres Kalender Hijriyah Unity Diadakan di Istambul Turki

Istambul, Turki. Para cendekiawan Muslim dari seluruh dunia berkumpul di arena Kongres Kalender Kalender Hijriyah Unity di Istanbul mulai hari Sabtu, 28 Mei 2016 membahas penyatuan kalender Islam. Seperti kita ketahui negara-negara Muslim telah menggunakan kalender Hijriah yang berbeda selama bertahun-tahun yang menyebabkan kebingungan dalam hal libur keagamaan dan tanggal yang berbeda setiap tahun untuk acara keagamaan utama seperti awal puasa, idul Fitri serta penyelenggaraan ibadah Haji yang diadakan sekali dalam setahun di mana jutaan Muslim berkumpul untuk berziarah.

Read more...

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo