1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Buku dan Kitab Ilmu Falak

Ilmu Falak - Arah Kiblat Setiap Saat

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi modern harus kita ikuti dan manfaatkan. Karena pada dasarnya dengan adanya teknologi, membantu dan memberikan kemudahan dalam setiap aktifitas kita.

Baik dalam urusan duniawi maupun ibadah. Teknologi banyak memberikan manfaat dalam mendukung Ibadah. Sebut saja Theodolit ( alat ukur ) alat ini sebenarnya fungsinya untuk mengukur jalan. Akan tetapi disisi lain oleh Ahli Falak dimanfaatkan sebagai mengukur arah kiblat. Karena teknologi ini keakurasianya mencapai sepersekian detik. Arah kiblat merupakan arah terdekat menuju ka'bah melalui lingkaran besar bola bumi. Menghadap kiblat diwajibkan karena merupakan salah satu syarat sah shalat. Dari hasil pengecekan penulis mayoritas masjid-masjid di jawa tengah arah kiblatnya melenceng dari arah yang sebenarnya. Padahal kemelencengan 1 derajat apabila ditarik lurus kearah kiblat kemelencengan mencapai 111 derajat.

Kemelencengan masjid-masjid di jawa tengah bervariasi ada yang kurang kearah utara dan ada yang kurang ke arah selatan, akan tetapi mayoritas kurang ke arah utara, sudutnya bervariasi ada yang hanya 0 derajat 4 menit yaitu masjid agung jepara, bahkan ada yang terbesar kemelencenganya sampai 29 derajat 30 menit yaitu masjid agung sukoharjo sehingga kiblatnya menghadap kearah barat selatan.

Judul buku : Ilmu Falak; Arah Kiblat Setiap Saat
Penulis : Drs. KH. Slamet Hambali, M,Si
Penerbit : Pustaka Ilmu
Cetakan : Pertama, Januari 2013
Tebal : xii + 174 halaman
ISBN : 978-602-7853-09-6
Harga : Rp 35.000,-

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo