pas cher
  1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Hasil Karya Para Ahli Falak

Kompas Kiblat RHI karya Mutoha Arkanuddin

Kompas Kiblat RHI adalah alat pengukur arah kiblat berbasis kompas dengan ukuran 50 cm terbuat dari bahan plastik tebal dengan teknik cetak digital dilengkapai kompas dan benang pengukur. Alat ini merupakan hasil kreasi Mutoha Arkanuddin dari LP2IF Rukyatul Hilal Indonesia (RHI) sejak awal tahun 2007 sebagai alat praktek pelatihan arah kiblat di acara pembinaan Hisab Rukyat Departemen Agama.

Prinsip kerja alat ini secara teknis sangat sederhana dengan memodifikasi kompas-kompas kiblat yang banyak dijual di pasaran. Salah satu kekurangan kompas-kompas kiblat yang banyak dijual di pasaran adalah pada data index arah kiblat yang masih menggunakan konsep perhitungan geometri datar dan pembagian 400 gon sehingga menyulitkan serta pembacaan skala jarum yang sering tidak tepat. Pada Kompas Kiblat RHI kini pengukuran tidak lagi dengan melihat index pada skala kompas tapi pada skala di lembar kompas sehingga lebih akurat karena hasil perhitungan arah kiblat untuk kota-kota yang tercantum sudah disesuaikan dengan perhitungan segitiga bola serta koreksi deklinasi magnetik lokal. Nama-nama kota besar di Indonesia berikut index arah kiblatnya serta pretunjuk pemakain tercantum di alat tersebut. Karena bentuknya yang seperti tikar kecil atau sajadah orang sering menyebutnya dengan "tikar kiblat".

Alat dilengkapi dengan petunjuk pemakaian serta daftar index kota-kota seluruh Indonesia, kompas ini juga memungkinakan untuk dibuat dengan cover berbeda sehingga lebih privasi dan kemasannya harus dilipat sehingga tidak memakan banyak ruangan.  Cocok untuk pengukuran arah kiblat rumah-rumah dan saat anda bepergian. Cocok juga untuk pembelajaran siswa di sekolah/pesantren serta pelatihan remaja masjid, KKN dll. Alat ini juga dijual secara umum dengan kisaran harga 30 ribu - 50 ribu.

 

Kompas RHI juga dibuat dengan versi alas kayu/tripleks dengan ukuran diameter 30 cm, lebih kecil dari versi plastik. Tujuannya agar bidang skala lebih datar dan lebih praktis. Model kompas RHI kayu ini juga bisa menggunakan cover lembaga untuk keperluan pelatihan dan alat praktek di sekolah dan kampus.

Dalam versi yang lebih lux Kompas Kiblat RHI dibuat dengan bahan acrilic dengan teknik digital printing serta dilengkapi dengan gnomon sehingga alat tersebut bisa digunakan dengan berbasis Matahari. Cakram yang dapat diputar tanpa memutar alas memudahkan pemakai saat menentukan arah utara baik menggunakan kompas maupun Matahari.  Alat yang dinamakan Qibla Locator RHI tersebut juga sudah dipasarkan di beberapa temnpat di Indonesia. Adapun cara penggunaan Kompas Kiblat RHI disertakan dalam alat dan disediakan juga dalam bentuk CD.

Petunjuk pemakaian kompas RHI :

1) Tentukan Azimuth Arah Kiblat dari sekitar kota tempat anda melakukan pengukuran (lihat tabel). 2) Letakkan kompas di tempat yang datar dan pastikan jarum kompas tidak terpengaruh oleh medan magnet maupun logam di sekitarnya. 3) Amati posisi jarum sampai tidak bergerak dan putar alat sehingga jarum merah tepat menunjuk ke arah Utara (tanda panah). 4) Lepaskan kompas dan amati ke arah mana posisi kiblat sesuai Azimuth Kiblat. Inilah arah kiblat. 5)Arah shaff adalah tegak lurus arah kiblat

Daftar index arah kiblat kota provinsi di Indonesia :

Banda Aceh=293,4   Medan=293,4   Bengkulu=295,1   Jambi=294,1   Pekanbaru=294   Padang=295   Palembang=294,2   Bandarlampung=294,8   Pangkalpinang=293,5   Batam=292,9   Serang=294,7   Bandung=294,4   Bogor=294,6   Jakarta=294,5  Semarang=293,5   Surabaya=292,6  Yogya=293,5   
Denpasar=292,1   Mataram=291,9   Kupang=289,9   Pontianak=293,4   Banjarmasin=292,2   Palangkaraya=292,1   Tarakan=290,3   Gorontalo=290,4   Makassar=290,9   Kendari=290,4   Palu=290,7   Manado=290,4   Mamuju=290,9   Ambon=289,4   Ternate=290   Merauke=285,4   Mimika=287,1   Jayapura=287,4   Sorong=289,4

Gambar Kompas Kiblat RHI kayu dan Kompas Kiblat RHI Acrilic (Qibla Locator)

 

 

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo