1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Hasil Karya Para Ahli Falak

I-zun Dial karya Ihtirozun Ni’am

I-zun Dial adalah salah satu instrumen falak yang multi fungsi. Ia bisa dipakai untuk menentukan arah mata angin, arah kiblat, melokalisir objek rukyah, observasi benda langit, mengetahui waktu, mengetahui ketinggian benda langit, mengetahui lintang dan bujur tempat, dan fungsi-fungsi lainnya. Alat ini berbentuk persegi dengan ukuran 25x25 cm. Di tengahnya terdapat lubang tempat pemasangan gnomon bila mau dipakai untuk mengukur arah kiblat. Di bawah bidang dial-nya diberi tata’an/penyangga untk menjaga agar bidang dial tidak mudah goyah. Alat ini terbuat dari bahan yang transparan sehingga bisa dipakai untuk observasi objek langit yang ada di belakangnya.

 Ihtirozun Ni’am adalah penemu alat falak yang diberi nama I-Zun Dial. Pemuda kelahiran Tuban ini memang sangat tertarik dengan Ilmu Falak atau astronomi Islam. Menurutnya masih banyak persoalan Falak di Indonesia yang belum terjawab dan terselesaikan. Seperti perbedaan penentuan waktu awal puasa atau Lebaran yang setiap tahunnya selalu menjadi perdebatan. Ia berharap dengan I-Zun Dial ini, dapat membantu menjawab permasalahan tersebut.

“Fungsi penentuan nilai deklinasi matahari dan fungsi penentuan titik koordinat suatu tempat dari I-Zun Dial saat ini tengah dijadikan objek kajian untuk penelitian skripsi mahasisiwa UIN Walisongo dan STAIN Pekalongan,” tutur Izun, yang tengah sibuk mempersiapkan penerjemahan buku panduan I-Zun Dial ke dalam bahasa Arab.

Pemuda yang masih menempuh jenjang studi S2 di bidang kajian Ilmu Falak UIN Walisongo ini sangat berharap adanya kajian mendalam di bidang Ilmu Falak. Mengingat selama ini kajian Ilmu Falak yang monoton dengan teori saja dan minim praktik karena keterbatasan sarana dan prasarana. I-Zun Dial ciptaannya diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut, terlebih lagi harganya terjangkau.

 

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

We have 37 guests and no members online