1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Mengenal Jenis Alat Falak

Sejalan berkembangnya ilmu falak, maka peralatan yang berhubungan keilmuan ini terus berkembang. Peralatan pada umumnya merupakan peralatan observasi atau pengamatan dan juga peralatan yang berhubungan dengan alat bantu hitung. Alat hitung merupakan instrumen hisab falak yang mutlak diperlukan membantu melakukan perhitungan posisi benda langit. Perhitungan juga meliputi beberapa data yang harus dipersiapkan sebelum melakukan rukyat misalnya : waktu ijtimak, saat matahari terbenam, ketinggian  dan posisi hilal, saat terbenamnya hilal dsb. Data tersebut nantinya akan digunakan untuk orientasi posisi hilal di lokasi rukyat. Ketelitian terhadap hasil perhitungan sangat dipengaruhi juga oleh alat hitung yang digunakan.  Alat ini berkembang terus seiring dengan berkembangnya teknologi.  Sedangkan untuk peralatan observasi pada awalnya kebanyakan berupa alat bantu bidik benda langit untuk mengetahui ketinggiannya seperti rubuk mujayyab dan astrolabe, dan beberapa alat klasik lainnya, namun belakangan alat ini semakin canggih dengan dipergunakannya peralatan seperti theodolite, teleskop, kamera dsb. Berikut ini rangkuman peralatan yang berhubungan dengan ilmu falak dari berbagai fungsi dan cara kerjanya.

Untuk pembelian alat silahkan kunjungi http://kedaifalak.com

Water Pass

Waterpass digunakan untuk menstabilkan peralatan agar betul-betul datar posisinya. Pengamatan kondisi perawanan terutama di langit barat tempat tenggelamnya matahari merupakan hal yang paling penting saat pelaksanaan rukyatul hilal, sebab tanpa kondisi langit yang cerah pengamatan hilal akan mengalami kesulitan bahkan mustahil dilakukan. Oleh sebab itulah maka perukyat juga dituntut memiliki pengetahuan meteorologi atau ilmu cuaca.

Read more...

Tongkat Istiwa

Tongkat istiwa adalah alat sederhana yang terbuat dari tongkat yang ditancapkan tegak lurus pada bidang datar dan diletakkan di tempat tebuka agar mendapat sinar matahari. Alat ini berguna untuk menentukan waktu matahari hakiki, menentukan titik arah mata angin, dan menentukan tinggi matahari.

Read more...

Teleskop Rukyat

Teleskop adalah alat bantu untuk melihat benda-benda yang jauh. Teleskop ini menggunakan lensa yang berguna untuk memperjelas objek pandangan. Teleskop rukyat tidak berbeda dengan teleskop astronomi pada umumnya yang juga disebut teropong bintang namun dudukannya dirancang dapat bergerak 2 sumbu yaitu naik-turun (altitude) dan horisontal (azimuth) sehingga disebut dudukan alt-azimuth.

Read more...

Theodolit

Peralatan ini termasuk modern karena dapat mengukur sudut azimuth dan ketinggian/altitude (irtifa') secara lebih teliti dibanding kompas dan rubu’. Theodolit yang modern dilengkapi pengukur sudut secara digital dan teropong pengintai yang cukup kuat.

Read more...

Sextan

Sektan adalah sebuah perkakas astronomi yang dapat digunakan untuk menentukan jarak sudut sebuah benda langit dari horizon. Sektan ini bisa digunakan pula untuk mengarahkan pandangan ketika pelaksanaan rukyatul hilal.

Read more...

Rubuk Mujayyab

Rubu’ mujayyab adalah suatu alat hitung yang berbentuk segiempat lingkaran untuk hitungan goneometris. Rubu’ ini biasanya terbuat dari kayu atau semacamnya yang salah satu mukanya dibuat garis-garis skala sedemikian rupa. Sebagai alat peninggalan peradaban falak Islam masa lalu, rubu’ ternyata mampu menyelesaikan hitungan-hitungan trigonometri yang cukup teliti untuk masa itu. Alat ini sangat berguna untuk memproyeksikan peredaran benda-benda langit pada bidang vertikal. Alat ini termasuk kuno peninggalan ahli-ahli Falak Islam jaman dulu. Saat rukyatul hilal rubu’ digunakan untuk mengukur sudut ketinggian hilal (irtifa'). Sering disebut dengan istilah kuadrant.

Read more...

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

We have 32 guests and no members online