1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Profile Lembaga RHI

Mengenal Rukyatul Hilal Indonesia (RHI)

NAMA LEMBAGA :  
Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Falak - Rukyatul Hilal Indonesia
( LP2IF – RHI )

TANGGAL BERDIRI :
Selasa, 31 Januari 2006 M, bertepatan 1 Muharram 1427 H

DASAR HUKUM PENDIRIAN LEMBAGA :
Akta Notaris Nurhadi Darussalam, S.H., M.Hum. Nomor: 02/Tanggal 13 Desember 2008.

SIFAT LEMBAGA :
1.  Independen.
2.  Sosial Keagamaan
2.  Amal Usaha
3.  Mandiri

Read more...

Kata Sambutan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته  Alhamdulillahi robbil 'alaamin, dengan memanjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT, atas limpahan rahmat-Nya sehingga pada akhirnya website Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Falak (LP2IF) - Rukyatul Hilal Indonesia (RHI) dapat dipublikasikan kembali setelah hampir setahun lebih down dari server. Penyediaan website ini tentu dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat tentang informasi tentang ilmu falak atau yang lebih dikenal dengan sebutan hisab dan rukyat. Di era teknologi yang berkembang pesat seperti saat sekarang ini, maka sangat tepat apabila kita dapat memanfaatkan website ini sebagai wadah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Read more...

Visi dan Misi

Sebuah kenyataan yang tidak dapat kita dipungkiri bahwa dalam kegiatan ibadah sehari-hari umat Islam, Ilmu Falak atau Hisab-Rukyat adalah ilmu yang sangat berkaitan dan memegang peranan penting. Mulai dari penentuan arah kiblat, pembuatan jadwal shalat, penentuan awal Ramadhan dan 1 Suawal maupun Idul Adha bahkan sampai pengiraan kapan waktu terjadinya peristiwa gerhana saat umat muslim diperintahkan mengerjakan shalat gerhana semuanya tidak dapat dipisahkan dari Ilmu Falak.
Ironisnya di tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim ini, Ilmu Falak kurang diminati untuk dipelajari. Bahkan penentuan awal Ramahan, Syawwal dan Zulhijjah  masih menjadi bahan perdebatan yang tak kunjung selesai hingga kini.

Read more...

Keanggotaan

SYARAT DAN KETENTUAN KEANGGOTAAN
Anggota RHI adalah masyarakat Indonesia dari semua kalangan tanpa membedakan golongan, suku, agama, ras, status sosial, pendidikan maupun umur. Anggota dituntut memiliki ketertarikan dengan ilmu falak/astronomi khususnya falak-syar'i terutama mengenai rukyatul hilal di Indonesia. Memiliki komitmen terhadap kegiatan RHI dan senantiasa memberikan kontribusi yang positif berupa keikutsertaan, ide maupun saran, serta keilmuannya dalam rangka tercapainya visi dan misi RHI. Bersedia melaksanakan tugas jika sewaktu-waktu ada penunjukan dari pengurus. Pendaftaran anggota, simpatisan maupun relawan tidak dikenakan biaya.

Read more...

Organisasi

Organisasi

Jejaring RHI

RHI sebagai sebuah wadah kelembagaan bagi para penggiat ilmu falak memiliki jaringan angota yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan beberapa diantaranya anggota berdomisili di luar negeri. Namun demikian tanpa meninggalkan ke'khas'annya sebagai lembaga 'non government organization' RHI memiliki sistem rekruitmen anggota dan pengembangan jaringan di wilayah yang sangat mudah sehingga dengan cepat jaringan ini berkembang cepat. Sebagai bentuk komitment anggota, maka partisipasi aktif anggota sangat diperlukan agar visi dan misi RHI sebagai sebuah lembaga koordinasi dalam kaitannya dengan pengembangan ilmu falak dan cita-cita lahirnya Kalender Hijriyah Indonensia yang disekapati semua pihak segera dapat terealisasi.

Read more...

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

We have 45 guests and no members online