1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Visi dan Misi

Sebuah kenyataan yang tidak dapat kita dipungkiri bahwa dalam kegiatan ibadah sehari-hari umat Islam, Ilmu Falak atau Hisab-Rukyat adalah ilmu yang sangat berkaitan dan memegang peranan penting. Mulai dari penentuan arah kiblat, pembuatan jadwal shalat, penentuan awal Ramadhan dan 1 Suawal maupun Idul Adha bahkan sampai pengiraan kapan waktu terjadinya peristiwa gerhana saat umat muslim diperintahkan mengerjakan shalat gerhana semuanya tidak dapat dipisahkan dari Ilmu Falak.
Ironisnya di tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim ini, Ilmu Falak kurang diminati untuk dipelajari. Bahkan penentuan awal Ramahan, Syawwal dan Zulhijjah  masih menjadi bahan perdebatan yang tak kunjung selesai hingga kini.

Perbedaan di kalangan umat Islam yang seharusnya menjadi rahmat bahkan dapat berakibat sebaliknya yaitu menjadi bencana dengan terpecahnya kesatuan umat Islam. Hal ini semestinya bisa dihindari seandainya masyarakat Indonesia semakin cerdas dalam menguasai Ilmu Falak sehingga dapat disepakati kriteria Tunggal Kalender Islam di Indonesia.Di sisi lain masalah ketepatan arah kiblat juga menjadi hal yang sangat memprihatinkan di Indonesia. Menurut beberapa survey yang dilakukan terhadap masjid-masjid di Indonesia, sekitar 80% lebih arah kiblat masjid masih salah. Sementara masyarakat kita cenderung mengambil sikat masa bodoh karena menganggap kaidah syar'i membolehkan penentuan kiblat cukup secara perkiraan saja. Belum lagi masalah keawaman masyarakat terhadap awal waktu shalat dan tuntunan syariah saat terjadi gerhana.
Melihat kenyataan tersebut RHI mencanangkan visi dan misi sebagai upaya menghindari atau setidaknya meminimalisir timbulnya konflik masalah syariah yang berkaitan dengan ilmu Falak di kalangan masyarakat kita.

VISI LEMBAGA :
Menjadi sebuah lembaga pengkajian dan pengembangan ilmu falak yang profesional serta banyak memberikan kontribusi terhadap berkembangnya ilmu falak di Indonesia.

MISI LEMBAGA :
Menjadikan ilmu falak sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan ilmu agama yang harus dikuasai oleh umat Islam di Indonesia.

TUJUAN RHI:
Memupuk kesadaran masyarakat akan pentingnya penguasaan ilmu falak sesuai Al Qur'an dan Assunah.
Melakukan berbagai kegiatan sosialisi ilmu falak kepada masyarakat.
Membangun jaringan Rukyat Nasional.
Terwujudnya kriteria tunggal Kalender Hijriyah Indonesia.
Melakukan kajian dan pengembangan terhadap metode hisab dan rukyat.
Menyediakan Informasi Falak lewat berbagai media.
Melayani masyarakat yang memerlukan materi, peralatan maupun tenaga ahli falak.

BENTUK KEGIATAN :
Untuk visi - misi tersebut, RHI mencanangkan beberapa pokok-pokok pemikiran kegiatan yang menjadi tujuan lembaga ini :

  1. Melakukan sosialisai Ilmu Falak (Hisab dan Rukyat) kepada masyarakat khususnya mengenai Penentuan Awal Bulan Hijriyah, Penentuan Awal Waktu Shalat, Penentuan Arah Kiblat dan Penentuan Waktu Gerhana melalui pelatihan-pelatihan, seminar, diskusi, penerbitan media, pameran ilmu falak dan sebagainya.
  2. Membangun jaringan koordinasi kegiatan rukyat secara nasional oleh anggota RHI yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia setiap menjelang awal bulan Hijriyah serta mengumpulkan laporan melalui media yang mudah diakses.
  3. Bekerjasama dengan pemerintah khususnya Departemen Agama RI lewat Badan Hisab dan Rukyat (BHR) baik dari tingkat pusat maupun daerah serta lembaga lain yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan RHI melalui kegiatan-kegiatan lapangan maupun pendidikan.
  4. Menjadi mediator antara bermacam-macam Kriteria Sistem Kalender Islam yang berkembang di Indonesia misalnya  Kriteria Wujudul Hilal, Imkanurrukyat MABIMS, Rukyatul Hilal, Kriteria LAPAN dsb, untuk bersama menyusun sebuah "Kriteria Tunggal" Sistem Kalender Islam.
  5. Mengajukan sebuah proposal "Kriteria RHI" yang merupakan kriteria teoretik awal bulan yang dibangun dari kajian hasil observasi hilal di Indonesia yang dilakukan oleh jaringan rukyat RHI selama beberapa periode.
  6. Membangun sistem infomasi falak yang berisi segala sesuatu tentang ilmu falak dan mudah diakses oleh masyarakat yang membutuhkan.
  7. Menyediakan infomasi Data Hisab yang akurat kepada masyarakat . Data Hisab Falak meliputi    Penentuan Awal Bulan Hijriyah, Penentuan Awal Waktu Shalat / Jadwal Imsakiyah, Penentuan Arah Kiblat dan Waktu Terjadinya Gerhana melalui berbagai media.
  8. Membantu melayani masyarakat melakukan pengukuran arah kiblat masjid, musholla agar sesuai dengan kaidah-kaidah astronomis dengan memanfaatkan teknik-teknik pengukuran arah kiblat yang benar sehingga didapatkan arah kiblat yang presisi.
  9. Melayani kebutuhan masyarakat baik berupa materi, peralatan maupun tenaga ahli hisab rukyat untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan pengembanagn ilmu falak.
  10. Mengadakan kegiatan observasi dan penelitian terhadap fenomena benda langit yang berkaitan dengan ilmu falak sehingga dapat digunakan sebagai alat uji akurasi terhadap sistem hisab.
  11. Melakukan kajian dan pengembangan terhadap metode hisab dan rukyat dengan pendekatan teknologi sehingga dapat diperoleh hasil hisab yang akurat dan dikembangkannya metode rukyat menggunakan bantuan teknologi.

 

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

We have 42 guests and no members online