1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pelatihan Hisab Rukyat

Ilmu Falak atau Hisab-Rukyat adalah ilmu yang sangat berkaitan dan memegang peranan penting terkait dengan kegiatan ibadah sehari-hari umat Islam, mulai dari penentuan arah kiblat, pembuatan jadwal shalat, penentuan awal Ramadhan dan 1 Syawal maupun Idul Adha bahkan sampai prediksi kapan waktu terjadinya peristiwa gerhana saat umat muslim diperintahkan mengerjakan shalat gerhana semuanya tidak dapat dipisahkan dari Ilmu Falak.

Hal yang sangat Ironis ketika di tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim ini, Ilmu Falak kurang diminati untuk dipelajari. Bahkan penentuan awal Ramadhan, Syawwal dan Zulhijjah  masih menjadi bahan perdebatan yang tak kunjung selesai hingga kini.
Kenyataan yang tidak dapat dipungkiri bahwa di tengah masyarakat permasalahan fiqih ibadah yang berkaitan dengan hisab-rukyat sering terjadi. Dari mulai permasalaahan banyaknya arah kiblat masjid-masjid yang masih kurang tepat. Hal ini terjadi karena kesalahan pengukuran yang diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan tentang arah kiblat dan kurangnya keterampilan dalam memanfaatkan instrumen yang dijadikan alat untuk mengukur.
Tidak jarang pula ditemukan di tengah masyarakat perbedaan jadwal waktu shalat bagi suatu tempat tertentu, atau untuk dua tempat yang secara geografis berdekatan. Kumandang adzan yang menandai masuknya waktu shalat antara masjid-masjid yang berdampingan kadang-kadang berbeda beberapa menit. hal ini sering diakibatkan adanya perbedaan rumus dan kriteria dalam hisab awal waktu shalat.  Perbedaan penggunaan jadwal waktu shalat tersebut pangkalnya adalah karena kurangnya pengetahuan pengguna jadwal tersebut tentang seluk beluk yang bertalian dengan hisab awal waktu shalat dan implementasinya di lapangan.
Permasalahan awal bulan Hijriyah khususnya penetapan tanggal satu Syawal adalah yang paling besar pengaruhnya di tengah masyarakat. Hal ini karena berkaitan dengan kewajiban mengakhiri ibadah puasa Ramadlan dan Shalat Idul Fitri yang lebih lebih banyak bersifat sosial dari pada ubudiyah. Perbedaan penetapan tanggal satu Zulhijjah pun sering menimbulkan akibat yang samadengan ramadhan dan Syawal meskipun pengaruhknya lebih kecil.
Masalah utama yang menyebabkan dampak perbedaan tersebut tidak lain karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan tentang hisab-rukyat khususnya penetapan awal bulan hijriyah. Ketidak pahaman dan kurangnya pengetahuan dan wawasan menyebabkan timbulnya pendapat-pendapat yang tidak berdasar yang akhirnya dapat menyebabkan fitnah yang membahayakan kerukan umat Islam di Indonesia.
Inilah yang menjadi dasar pemikiran LP2IF Rukyatul Hilal Indonesia (RHI) sebagai lembaga yang mengecimpungkan diri dalam pengkajian dan pengambangan ilmu falak untuk mengadakan berbagai kegiatan Pelatihan Hisab Rukyat agar kader-kader ormas seperti dari Muhammadiyah, Nahdlatul Uama (NU), Persatuan Islam (Persis), LDII, HTI, Naqsabandiyah dsb, tokoh-tokoh masyarakat serta pihak-pihak yang berkait  mendapatkan pencerahan dengan mengikuti kegiatan ini. Adapun kegiatan yang pernah dilakukan diantaranya :

1. Pelatihan Hisab Rukyat Guru Agama se-Gunungkidul, Wonosari, 1 Desember 2012 dengan jumlah peserta 50 orang.
2. Pelatihan Hisab Rukyat Ormas se-DIY, Yogyakarta 13 Desember 2013 dengan jumlah peserta 40 orang.
3. Pelatihan dan Workshop "Before and After Sunset Crescent Observation", PPMI Assalaam  Solo, 22-23 Desember 2014 dengan jumlah peserta 30 orang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

We have 18 guests and no members online