1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Software Aplikasi Falak (SAF)

Software Aplilasi Falak (SAF)

Software Aplikasi Falak (SAF) adalah program komputer (software) baik yang didisain khusus untuk melakukan perhitungan/hisab terhadap rumus-rumus falakiyah (hisab-rukyat) maupun software astronomi umum yang dapat dimanfaatkan untuk membantu perhitungan-perhitungan dalam ilmu falak khususnya posisi Bulan dan Matahari. Software ini dikelompokkan menjadi berbagai jenis baik menurut kelompok basis operating sistemnya meliputi DOS, Windows, Linux, Mac, Symbian, Blackberry, Android, IOS dsb, berdasarkan fungsinya meliputi software jadwal shalat, jadwal imsakiyah, arah kiblat, roshdul kiblat, data visibilitas hilal, data gerhana, dsb juga berdasarkan aksesibilitasnya meliputi 'software on pc/laptop', 'software on gadget' maupun 'software online'.  Perhitungan yang dapat diselesaikan oleh software tersebut meliputi :

  •     Awal Bulan Komariyah / Hijriyah.
  •     Waktu Shalat dan Imsakiyah
  •     Arah Kiblat
  •     Gerhana Matahari dan Bulan
  •     Konversi Penanggalan Hijriyah - Masehi
  •     Posisi Harian Matahari dan Bulan
  •     Visibilitas Hilal
  •     Fase-fase Bulan
  •     Saat Roshdul Kiblat dsb.

Berkembangnya teknologi komputer membuat para ahli falak kini tidak lagi kesulitan menghitung rumus-rumus falakiyah mereka. Dengan menggunakan komputer PC atau laptop yang sudah diinstalasi software aplikasi kita dapat mengetahui posisi hilal dengan cepat, atau berapa nilai azimuth kiblat, atau jam berapa waktu shalat sertaakapan terjadinya gerhana Bulan dan MAtahari. Bahkan melakukan konversi kalender baik dari Hijriyah ke Masehi atau sebaliknya dapat dengan cepat dilakukan. Sebelumnya, untuk mengetahui posisi hilal merupakan masalah hiasb yang sangat rumit ketika hanyak rubuk atau kalkulator yang dipergunakan untuk menghitung rumus-rumus yang ada dalam Kitab-kitab Falak.

Sekarang, cukup dengan menginstalasi Software Aplikasi Falak (SAF) ke dalam komputer atau gadget kita baik berupa software maupun program aplikasi maka data-data hasil hisab dapat segera diketahui secara lengkap dengan tingkat ketelitian yang tinggi bahkan boleh dikatakan mendekati senyatanya. Tidak hanya itu, Software Aplikasi Falak (SAF) juga dapat digunakan untuk menyusun Jadwal Shalat dan Penentuan Arah Kiblat untuk seluruh lokasi di permukaan bumi. Kini dengan cukup memasukkan data input berupa lokasi geografis maka komputer akan memberikan informasi lengkap mengenai visibilitas hilal, waktu shalat dan arah kiblat lokasi setempat.

Dengan demikian, perkembangan teknologi dikatakan sangat membantu dalam permasalahan falakiyah . Hisab falak yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh 'ahli hisab' yaitu mereka yang betul-betul mempelajari secara khusus rumus-rumus pergerakan benda-benda langitsecarqa matematis, kini siapapun dapt menghitung secara  mudah dan cepat menggunakan Software Aplikasi Falak yang dengan mudah bisa kita dapatkan di internet.

Tidak hanya komputer PC atau laptop saja yang dapat digunakan untuk menjalankan software aplikasi falak tersebut. Kini Software Aplikasi Falak juga dapat diinstalasi ke dalam telpon genggam atau ponsel baik yang berbasis operating system android maupun ios. Beberapa diantaranya bahkan sudah dilengkapi dengan fitur GPS (Global Positioning System) yang dapat mengetahui posisi geografis via satelit serta dapat menunjukkan arah kiblat secara presisi. Di bawah ini dibahas beberapa jenis sofware aplikasi falak yang banyak digunakan untuk untuk melakukan perhitunga rumus-rumus falakiyah.

 

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo