1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Software Aplikasi Falak (SAF)

Excel Konversi Kalender Hijri menjadi Miladi

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang cukup maksimal jika digunakan untuk hisab falak. Salah satunya adalah Konversi Kalender.

1. Konversi Kalender Hijri menjadi Miladi
Rumus atau formula umum konversi kalender Hijri menjadi Miladi, jika Y = tahun, M = bulan dan D = hari (tanggal) Hijri adalah sebagai berikut :

Miladi = INT((11*Y+3)/30)+354*Y+30*M-INT((M-1)/2)+D-466963,5

Anggaplah kita sudah membuka software MS Excel dan berada pada Sheet1 atau sheet manapun. Misalkan dalam sel C3, C4 dan C5 masing-masing berisi data tahun, bulan dan hari (tanggal), atau dengan kata lain data tahun, bulan dan hari (tanggal) Hijri masing-masing berada dalam sel C3, C4 dan C5.
Sebagai contoh isikan dalam sel C3 dengan 1432, sel C4 dengan 5, dan C5 dengan 22. Artinya tanggal 22 Jumadil Ula 1432 H.

Untuk mengkonversi data tahun, bulan dan hari kalender Hijri tersebut menjadi Kalender Miladi, dengan MS Excel kita bisa mengaplikasikan formula di atas dengan mengetik di dalam sel manapun, misalkan pada sel B6 dengan formula sebagai berikut:

=INT((11*C3+3)/30)+354*C3+30*C4-INT((C4-1)/2)+C5-466963,5

Jika benar maka hasilnya adalah : 40659,5 dalam format umum (General), atau dalam format tanggal (Date) adalah : 26 April 2011

Artinya tanggal 22 Jumadil Ula 1432 H bersamaan dengan Selasa, 26 April 2011 M.

2. Konversi Kalender Miladi menjadi Hijri

Adapun formula konversi kalender Miladi menjadi Hijri, tidak sesulit rumusan di atas karena dalam MS Excel sudah disediakan bagi yang menginginkannya.

Dalam contoh ini kita gunakan data kalender Miladi di atas, yaitu data yang berada di sel B6 hasil konversi dari kalender Hijri. Data tersebut kita balik, kita konversi menjadi kalender Hijri kembali, sekaligus bisa kita gunakan untuk mengetahui akurasi formula yang sedang kita pelajari sekarang ini. Akan tetapi pada tahun 1366 H, dan setiap siklus 30 tahunan akan terjadi selisih satu hari.

Coba kita ketikkan formula-formula sebagaimana di bawah ini di sel manapun kita suka, maka hasilnya adalah sebagai berikut (catatan, b2 dalam formula ini adalah kode kelender Hijri, bukan nama sel):

=TEXT(B6-1;"b2 dd-mm-yyyy") tampil : 22-05-1432
=TEXT(B6-1;"b2 yyyy") tampil : 1432
=TEXT(B6-1;"b2 mm") tampil : 05
=TEXT(B6-1;"b2 mmm") tampil : جمادى الاولى
=TEXT(B6-1;"b2 dd") tampil : 22
=TEXT(B6;"b2 ddd") tampil : الثلاثاء (tanpa -1)
=TEXT(B6;"dddd") tampil : Selasa (tanpa b2)

Wassalam, selamat mencoba dan berexcel ria… Download file : KONVERSI.XLS

FIKRI ZUHARA MUZAKKIN
Koordinator RHI Lamongan, Praktisi Ilmu Falak lahir di Lamongan Jawa Timir. Aktif di berbagai perkumpulan dan organisasi Ilmu Falak. Penganut sistem Hisab Tahqiqi ini banyak berkarya dalam pembuatan software-software falakiyah khususnya yang berbasih Microsoft Excel. Karya-karyanya banyak dipublikasikan di berbagai pelatihan-pelatihan Ilmu Falak.




 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

00:00:00

HISAB-RUKYAT
Ilmu Falak
────────────
Awal Bulan
────────────
Arah Kiblat
────────────
Waktu Shalat
────────────
Gerhana
────────────
 
KATEGORI
Buku Falak
────────────
Tokoh Falak
────────────
Karya Falak
────────────
Berita Falak
────────────
Peralatan
────────────
Software
────────────
Artikel
────────────
 
 
 
 
 

FOLLOW ME

Bergabung dengan Droup Facebook RHI Follow Tweeter RHIGroup Diskusi RHI via Yahoo